Search

10 Cara Untuk Menggunakan Aloe Vera Gel

Selalu ada cara untuk menggunakan Aloe Vera!


Aloe Vera atau lidah buaya, umum dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan dan iritasi, melawan bakteri, dan melembabkan kulit. Itulah mengapa orang-orang Mesin kuno selalu memilih bahan ini karena Aloe Vera dikenal sebagai "tanaman keabadian," menurut National Center for Complementary and Integrative Health.


1. Melembabkan kulit

Aloe Vera mengandung kandungan air yang tinggi, serta nutrisi yang bermanfaat bagi kulit seperti vitamin E, vitamin C, dan antioksidan yang dapat memperkuat perlindungan kulit (skin barrier).


2. Menenangkan kulit yang terbakar matahari (sunburn)

Aloe Vera memiliki sifat penghilang rasa sakit, anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari, kata Shari Lipner, MD, PhD, dokter kulit bersertifikat di Weill Cornell Medicine dan NewYork-Presbyterian. “Lidah buaya juga mengandung gula yang berperan dalam sintesis kolagen dan berkontribusi pada penyembuhan luka,” jelasnya. Gula ini, dapat membantu mengikat kelembapan pada kulit, yang membantu mengatasi kekeringan yang sering datang karena terlalu banyak terkena sinar matahari.


3. Melawan jerawat

Selain memiliki sifat antijamur dan antibakteri, aloe vera juga mengandung asam salisilat alami, bahan peeling yang membuka pori-pori, kata Dr. González, direktur dermatologi kosmetik di Mount Sinai West di New York. Plus, Aloe juga dapat membantu melembabkan dry patches yang dihasilkan dari obat jerawat.


4. Membantu eksim dan psoriasis

Gel lidah buaya memiliki sifat yang dapat membantu mengurangi peradangan, yang berarti dapat membantu meringankan kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.


5. Shaving cream alami

Karena lidah buaya dapat menghidrasi dan memiliki tekstur yang licin, gel ini dapat membuat produk alternatif alami yang bagus untuk shaving cream.


6. Eksfoliasi kulit

Pengelupasan kulit adalah suatu rutinitas yang wajib untuk kulit halus dan bercahaya. Lidah buaya merupakan bahan dasar yang bagus untuk DIY scrub badan, karena mengandung asam salisilat untuk membantu mengelupaskan kulit mati dengan lembut. Untuk scrub, cukup campurkan cangkir lidah buaya dengan oatmeal atau garam Himalaya untuk membuat tekstur pasir. Kemudian, gosokkan pada siku, tumit, lengan, atau bagian lain yang diperlukan.


7. Pelumas alami

Yes! Gel aloe vera aman digunakan sebagai pelumas alami, karena tidak mengandung minyak yang biasanya dapat mengurangi khasiat kondom, kata Jennifer Wider, MD. Pastikan untuk menggunakan gel lidah buaya yang tidak mengandung parfum atau aditif untuk menghindari potensi iritasi.


8. Meringankan gatal karena gigitan serangga

Gel Aloe Vera dapat membantu mengurangi kemerahan dan menenangkan kulit yang teriritasi akibat gigitan serangga, karena sifat anti-inflamasinya.


9. Hair Mask

Aloe Vera Gel dapat dijadikan sebagai masker rambut dan memberikan efek rambut yang lembut dan berkilau - cukup oleskan lidah buaya ke helaian rambut dan diamkan sebelum mandi!


10. Eyebrow Gel alami

Gel lidah buaya cenderung mengeras saat dioleskan ke rambut — jadi Aloe Gel bisa jadi pertimbangan untuk digunakan sebagai DIY eyebrow gel. Selain itu, kandungan nutrisinya juga dapat memperkuat bulu alis, lho!


Penasaran tapi bingung pilih Aloe Vera Gel yang mana? Mungkin kamu bisa coba HA-loe Soothing Jelly Hydrator, yang selain mengandung Aloe Vera, juga mengandung Hyaluronic Acid dan Centella Asiatica (CICA) yang sangat bermanfaat pada kulit. Pssst, lagi diskon juga lho!